Selasa, Juni 18, 2024

Latest Posts

Survei Sebut Hoaks Bikin Rusak Kesehatan Fisik dan Mental Wanita Muda

Teori konspirasi dan berita palsu dan hoaks telah memenuhi ruang digital kita. Survei Studi Plan International menyebutkan terdapat lebih dari 26 ribu anak perempuan dari 26 negara tentang keterpaparan mereka terhadap disinformasi dan menemukan sejumlah besar dirugikan oleh mitos online.

“Ketika kamu sampai ke satu halaman, kamu bisa saja terhanyut mencari tahu hingga halaman berikutnya dan berikutnya, dan berakhir di suatu tempat di web yang dalam,” ujar salah satu korban disinformasi dilansir Rappler.

Di Amerika Serikat, 80 persen informasi yang salah atau hoaks telah berdampak negatif pada kehidupan mereka. Sementara di Brasil dan Filipina masing-masing melaporkan 91 persen dan 95 persen. Sepertiga responden juga menyatakan bahwa kehadiran hoaks telah merusak kesehatan mental mereka, membuat mereka lebih stres dan cemas.

Laporan tersebut memperjelas alasan hoaks menghadirkan efek buruk terhadap kesejahteraan fisik dan mental wanita berusia muda. Bahkan mereka masih menanyakan sejumlah besar hoaks terkait amankah vaksinasi, terkait menstruasi, pil KB dapat menjadikan mandul, hingga penggunaan tampon yang sempat disebutkan dapat mengakibatkan kanker.

“Seseorang mungkin berpikir mereka memiliki infeksi dan tidak membaik kemudian mereka mencarinya secara online. Mereka akhirnya mempercayai dan berakhir mendapat infeksi herpes yang hebat, dan mereka tidak mengenali apa itu. Kami masih melihat lebih banyak informasi yang salah dan itu berdampak pada orang dengan cara yang lebih besar daripada sebelumnya,” ujar Praktisi medis yang berbasis di AS, Melisa Holmes.

Menanggapi permasalahan tersebut, kini para dokter menghadirkan konten penyangkal hoaks atau mitos dalam sosial media Instagram dan TikTok mulai dari penyakit menular seksual, kesuburan, vaksin human papillomavirus, pengendalian kelahiran, dan masalah kesehatan reproduksi. Selain itu, beberapa dokter baru bisa memberikan penjelasan akurat setelah mereka bertemu langsung dengan pasien.

Latest Posts

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.