Minggu, April 14, 2024

Latest Posts

PON XX Papua, Moeldoko sebut Jokowi komitmen bangun Indonesia sentris

JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat memberikan perhatian terhadap pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Hal ini, kata Moeldoko, ditunjukkan dengan pembangunan infrastruktur olahraga yang sangat masif.

“Ini bukti komitmen Pembangunan Indonesia-sentris yang dicanangkan Presiden, di mana Tanah Papua menjadi prioritasnya,” ucap Moeldoko melalui keterangan pers tertulisnya dikutip pada Jumat (30/4/2021).

Moeldoko berujar, PON dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) di Papua adalah momentum penguatan jati diri bangsa. Pelaksanaan event ini juga tidak terlepas dari upaya percepatan pembangunan kesejahteraan di Bumi Cendrawasih. Karena itulah, Jokowi ingin event tersebut digelar tahun ini.

“Ini karena kita sudah siap, dan persiapan yang kita lakukan sudah luar biasa,” kata Moeldoko.

Keseriusan, perhatian, dan afirmasi Presiden Jokowi ditegaskan dalam tiga rapat terbatas/sidang kabinet yang secara khusus membahas PON, serta terbitnya tiga Instruksi Presiden (Inpres) yang berkaitan dengan PON dan percepatan pembangunan Papua.

Singkatnya, dalam sejarah penyelenggaraan PON sejak 1948, belum ada PON yang mendapat perhatian se-luar biasa ini dari seorang Kepala Negara.

Sementara itu, Moeldoko juga telah menugaskan tiga tim untuk terjun langsung ke tiga wilayah di Papua, yakni Jayapura, Mimika dan Merauke pada bulan ini. Tim yang dipimpin langsung oleh Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani bertugas untuk memonitor perkembangan PON XX secara langsung.

“Saya dan jajaran Kantor Kepala Staf Kepresidenan akan terus mengawal PON sampai tuntas,” ungkap Moeldoko.

Moeldoko merinci, di Jayapura, Deputi V KSP bersama KONI Pusat, PB PON, dan Gubernur Papua turut membuka perhelatan Chief de Mission meeting atau CDM Meeting. Pada CDM Meeting ini, para perwakilan kontingen PON dari setiap provinsi hadir dan membahas serta menyepakati berbagai aturan pertandingan, rancangan acara, dan semua masalah terkait.

Bersama PB PON, para kepala daerah baik Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura, Moeldoko mendorong promosi PON melalui peran TVRI di Papua. Tidak hanya itu, warga Papua khususnya generasi muda sangat antusias dilibatkan sebagai panitia acara CDM Meeting PON. “Inilah modal kita untuk suksesnya PON dan PEPARNAS,” ujar Moeldoko.

sumber : iNews.id 

Latest Posts

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.