Senin, Mei 27, 2024

Latest Posts

Gempa Taiwan 7,5 Menguatkan Peringatan Tsunami di Asia Timur

Cekkejadian.com – Gempa bumi yang terjadi di Taiwan pada tanggal 3 April 2024, dengan kekuatan magnitudo (M) 7,5, telah menyebabkan pemerintah Jepang dan Filipina mengeluarkan peringatan tsunami.

Gempa tersebut berpusat di Kota Hualien, Taiwan, dan memiliki kedalaman 34,8 km. Meskipun terdapat perbedaan dalam penilaian kekuatannya oleh berbagai lembaga, seperti USGS yang menyebutkan 7,4 skala richter, dan Badan Meteorologi Jepang serta Badan Pemantau Gempa Taiwan yang menunjukkan angka yang sedikit berbeda.

Gempa ini merupakan yang terkuat dalam 25 tahun terakhir di Taiwan, menurut Pejabat Seismologi Taipei. Peringatan tsunami dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Jepang dan Pemerintah Filipina untuk wilayah pesisir, sementara BMKG memastikan bahwa gempa tersebut tidak akan berdampak pada Indonesia.

Dampak gempa tersebut terlihat dari kerusakan bangunan, seperti bangunan berlantai 5 di Kota Hualien yang rusak parah, serta terjadinya longsor yang mengakibatkan kerusakan jalan raya utama di sepanjang pantai timur Taiwan.

Bandara Naha di Okinawa, Jepang, juga terpaksa menghentikan sementara operasionalnya sebagai langkah antisipasi terhadap peringatan tsunami. Meskipun demikian, kegiatan masyarakat Taiwan tetap berlangsung seperti biasa, dengan anak-anak tetap bersekolah, meskipun ada gangguan pada pasokan listrik dan akses internet.

Baca Juga : Kiat Sukses #Mudik2024Lancar Bersama Keluarga: Nikmati Perjalanan Tanpa Hambatan!

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari Cekkejadian.com. Untuk kerjasama lainnya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya 

Latest Posts

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.