Jumat, Februari 23, 2024

Latest Posts

Ditetapkan sebagai Tersangka Mafia Minyak Goreng, Ini Peran Lin Che Wei

Kejaksaan Agung menyampaikan peran Lin Che Wei dalam kasus minyak goreng. Lin sebelumnya ditetapkan menjadi tersangka kelima perkara mafia minyak goreng.

Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejaksaan Agung Febrie Adriansyah mengatakan Penasihat Kebijakan dan Analisa Independent Research dan Advisory Indonesia ini kerap terlibat dalam pengambilan keputusan di Kementerian Perdagangan. Khususnya, keputusan yang berkaitan dengan minyak goreng.

“Ya kita juga heran posisi dan peran beliau itu apa di Kementerian Perdagangan, kok terlibat terus di dalam setiap kebijakan minyak goreng,” ujar Febrie, Selasa, 17 Mei 2022.

Sebelumnya, Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejaksaan Agung Supardi menyampaikan Lin aktif berkomunikasi secara offline juga online melalui zoom meeting dengan beberapa pihak yang diduga terlibat pada perkara mafia minyak goreng.

Komunikasi tersebut berkaitan dengan penerbitan persetujuan ekspor (PE) minyak goreng sekaligus membahas permasalahan minyak goreng yang ada di Indonesia. “Dia berkomunikasi melalui zoom meeting dengan para pihak terkait PE itu,” katanya, beberapa waktu lalu.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana menyatakan Zoom meeting yang dilakukan oleh Lin Che Wei itu bersama dengan pihak pelaku usaha dan Kementerian Perdagangan. “Dia itu diperiksa terkait penjelasan saksi dengan beberapa pihak kementerian, pihak pelaku usaha, pertemuan melalui zoom meeting yang berkaitan dengan permasalahan minyak goreng,” katanya.

Lin menjalani pemeriksaan selama lima kali sebagai saksi sebelum ditetapkan tersangka. Pemeriksaan pertama dilakukan pada 4 April 2022, lalu pada 25 April 2022, 10 Mei 2022, 11 Mei 2022, dan terakhir 12 Mei 2022.

Adapun penetapan Lin sebagai tersangka merujuk pada Surat Perintah Penyidikan Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Nomor: Print-26/F.2/Fd.2/05/2022 tanggal 17 Mei 2022 dan Surat Penetapan Tersangka (PIDSUS-18) Nomor: TAP-22/F.2/Fd.2/05/2022 tanggal 17 Mei 2022. Setelah ditetapkan tersangka, Lin Che Wei langsung ditahan.

Latest Posts

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.