Rabu, Mei 29, 2024

Latest Posts

Berstatus terdakwa korupsi, Mark Sungkar keluar rutan, Ayah Zaskia & Shireen jadi tahanan kota

Mark Sungkar ditetapkan sebagai tahanan kota setelah penangguhan penahanannya dikabulkan.

SERAMBINEWS.COM – Mark Sungkar merupakan Ayah kandung dari artis Shireen Sungkar dan Zaskia Sungkar.

Bagaimana kabar Mark Sungkar yang dikabarkan berurusan dengan hukum.

Meski masih berstatus terdakwa kasus korupsi, Mark Sungkar akhirnya bisa menghirup udara segar hari ini, Rabu (5/5/2021).

Mark Sungkar ditetapkan sebagai tahanan kota setelah penangguhan penahanannya dikabulkan.

Sebelumnya, penangguhan penahanan terdakwa kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) atau korupsi Triatlon artis Mark Sungkar diterima Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta.

Sehingga, status tahanan Mark Sungkar ditangguhkan dan ia menjalami hukuman dari luar penjara meski masih berstatus sebagai tersangka dan terdakwa kasus dugaan TPPU atau korupsi Triatlon.

Kuasa hukum Mark Sungkar, Fachri Bachmid menyampaikan bahwa kliennya akan keluar dari Rumah Tahanan Polda Metro Jaya, Rabu (5/5/2021) pukul 11.00 WIB.

“Rencananya akan keluar Rabu siang,” kata Fahri Bacmid kepada awak media ketika dihubungi lewat pesan singkat, Rabu dini hari.

Fahri menyampaikan, bahwa ayah kandung kakak beradik Zaskia Sungkar dan Shireen Sungkar itu tidak lagi berada di dalam penjara dan tetap menjalani proses hukum sampai dengan dikeluarkannya putusan hakim.

“Pastinya pak Mark akan keluar penjara sesuai penetapan dan keputusan Majelis Hakim Tipikor di sidang Selasa (4/5/2021),” ucap Fahri Bachmid.

Diberitakan sebelumnya, Mark Sungkar membuat dan mengajukan proposal kegiatan bertajuk ‘Era Baru Triatlon Indonesia’, ke Menpora, dengan anggaran sebesar Rp 5,072 miliar, di tahun 2017.

Namun, setelah acara berlangsung, sisa uang Rp 399,7 juta dari kegiatan tersebut diduga digunakan Mark Sungkar untuk memperkaya diri sendiri.

Ia juga diduga memperkaya orang lain, antara lain Andi Ameera Sayaka sebesar Rp 20,65 juta, kemudian Wahyu Hidayat Rp 41,3 juta, Eva Desiana sebesar Rp 41,3 juta, Jauhari Johan Rp 41,3 juta, atau pihak korporasi The Cipaku Garden Hotel atas nama Luciana Wibowo Rp 150,65 juta.

Jumlah kerugian keuangan negara atas tindakan Mark Sungkar itu, jika ditotal sebesar Rp 694,9 juta sebagaimana laporan hasil audit BPKP, dikutip dari Tribunnews.com dengan judul Mark Sungkar Akan Keluar Penjara dan Jadi Tahanan Kota Hari Ini

Atas perbuatannya, Mark Sungkar didakwa melanggar Pasal 2 Ayat (1) Jo Pasal 18 Ayat (1) huruf b Undang-undang (UU) Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi subsider Pasal 3 Jo Pasal 18 Ayat (1) huruf b UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi lebih subsider Pasal 9 Jo Pasal 18 Ayat (1) huruf b Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Tanggapan Keluarga atas Ditangkapnya Mark Sungkar

Seperti diketahui, Mark Sungkar didakwa sebagai mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia masa bakti 2015-2019.

Dalam kasusnya, Mark Sungkar membuat dan mengajukan proposal kegiatan bertajuk ‘Era Baru Triatlon Indonesia’, ke Menpora, anggaran sebesar Rp 5,072 miliar.

Namun, setelah acara berlangsung, sisa uang Rp 399,7 juta dari kegiatan tersebut diduga digunakan Mark Sungkar untuk memperkaya diri sendiri.

Ia juga diduga memperkaya orang lain antara lain Andi Ameera Sayaka sebesar Rp 20,65 juta dan Wahyu Hidayat Rp41,3 juta.

Selanjutnya, Eva Desiana sebesar Rp 41,3 juta, Jauhari Johan Rp 41,3 juta, atau pihak korporasi The Cipaku Garden Hotel atas nama Luciana Wibowo Rp 150,65 juta.

Mengenai hal ini, pihak keluarga pun memberikan tanggapannya.

Berikut ulasan selengkapnya.

Teuku Wisnu & Irwansyah

Teuku Wisnu tak mau membicarakan soal hubungan istrinya, Shireen Sungkar dengan sang ayah Mark Sungkar yang saat ini sedang tersandung kasus dugaan korupsi dana pelarnas Triatlon.

Menurut Teuku Wisnu, dirinya bukan lah siapa-siapa dari Mark Sungkar. Ia hanya sebatas menantu yang menikahi putri Mark Sungkar, yakni Shireen Sungkar.

“Saya engga bisa jawab (soal Shireen dengan Mark Sungkar). Karena bukan kapasitas saya untuk menjawab dan takut salah bicara,” kata Teuku Wisnu ketika ditemui di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Jumat (19/3/2021).

Mark Sungkar ngevlog bersama kedua putri dan menantunya (YouTube The Sungkars Family)
Wisnu menyebut kalau Shireen bersama sang kaka, Zaskia Sungkar sudah memberikan klarifikasi terkait hubungannya dengan Mark Sungkar.

Apalagi terkait tudingan Shireen dan Zaskia yang diduga tidak pernah membesuk ayahnya sendiri selama mendekam di penjara.

“Biar lebih jelas ke Pengacara papah (Mark Sungkar) aja,” ucapnya

Akan tetapi, Wisnu menegaskan kalau selama Mark mendekam di penjara, dirinya, Shireen bersama dengan Zaskia dan Irwansyah selalu memberikan support kepada sang ayah

“Pastinya lah. Saya Sebagai seorang suami Shireen, Irwan juga seorang suami zaskia selalu Suport kita dan mendoakan yang terbaik,” jelasnya.

Teuku Wisnu memastikan, Shireen Sungkar dan Zaskia Sungkar akan terus mendampingi proses hukum Mark Sungkar, ayahnya meski tidak bertemu langsung.

“Kita tau papah seperti apa kita liat nanti hasilnya seperti apa,” ujar Teuku Wisnu seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Shireen dan Zaskia Sungkar

Melalui kanal YouTube The Sungkars Family, mereka percaya bahwa Mark Sungkar tidak bersalah.

Zaskia Sungkar awalnya enggan memberikan klarifikasi apapun terkait kasus yang menimpa ayahnya.

Namun, ia menilai Mark Sungkar sudah memberikan klarifikasi dengan jelas.

Sebagai anak, Zaskia mengaku lebih mengenal ayahnya ketimbang orang lain.

“Namanya musibah ya kita sebagai anak melihat ini di awal pasti kaget, sedih.”

“Cuma balik lagi yang penting kita yang lebih tahu Papa kita seperti apa.”

“Kita anaknya, kita tahu betul… insyaallah ayah kita nggak akan pernah melakukan hal itu,” ujarnya.

Zaskia pun membantah jika ayahnya telah melakukan tindak korupsi.

“Beliau itu benar-benar orang yang paling anti sama hal tersebut yang lagi difitnah ke beliau,” ungkap Zaskia Sungkar.

“Sebagai anak kita support. Namanya kebenaran akan terungkap insyaallah sebagai anak akan terus mendoakan dan men-support Papa sampai Papa insyaallah bisa memperjuangkan haknya,” tegasnya.

Zaskia dan Shireen memutuskan untuk angkat bicara karena beredarnya berita yang mengusik mereka.

“Kayak misalnya aku sama Shireen dibilang, ‘Kok anak-anaknya nggak bisa ngebalikin?'” kata Zaskia.

Mark Sungkar di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021). ((Warta Kota/Arie Puji Waluyo))
Menurut Zaskia, ayahnya telah mengembalikan uang yang dianggap merugikan negara.

Zaskia berujar, uang sebesar Rp 339,7 juta itu telah dikembalikan pihaknya dua tahun lalu.

Menurut Zaskia, ayahnya telah mengembalikan uang yang dianggap merugikan negara.

Zaskia berujar, uang sebesar Rp 339,7 juta itu telah dikembalikan pihaknya dua tahun lalu.

“Padahal dari satu setengah, hampir dua tahun yang lalu lah.”

“Hampir dua tahun lalu itu sudah kami kembalikan yang dianggap itu adalah merugikan negara,” tegas Zaskia seperti dikutip Kompas.com dalam kanal YouTube-nya, Kamis (11/3/2021).

Menurut Zaskia, padahal uang yang dikembalikan itu sudah menjadi hak ayahnya dan para atlet yang lain.

Namun, kata Zaskia, dia dan ayahnya tidak mau ambil pusing dan memilih untuk mengembalikan uang tersebut ke negara.

Baca juga: Kronologi Kasus Korupsi Mark Sungkar, Diduga Gelapkan Dana Rp 399 Juta, Pengacara: Udah Dikembalikan

“Itu haknya papa dan para atlet,” ungkapnya.

Menurut Zaskia Sungkar, nominal itu bukan sesuatu yang sulit untuk didapatkan dengan cara yang halal.

“Ini kan, masalahnya, kita syoknya tuh, ‘Hah 300 jutaan?’ gitu.”

“Kayak maaf… banget, maksudnya kayak uang segitu, tuh, bukan satu hal yang susah untuk dicari buat kita (dengan cara) yang halal.”

“Ada yang halal kenapa harus ambil yang haram? Kita dengar 300 juta sekian, ‘Sudah pah balikin aja.’ Gitu ya Ren?” ujar Zaskia Sungkar.

“‘Sudah Pa balikin aja Pa.’ Itu pun sudah lama ya, satu tahun lalu. Terus habis itu pun berhenti, aku kira selesai.”

“Papa juga kan orang tua yang nggak mau nyusahin anak-anaknya, nggak mau menzalimi anak-anaknya, yang pusing-pusing nggak mau kasih tahu anak,” sambung Shireen Sungkar.

Shireen Sungkar kemudian menjelaskan alasannya sengaja untuk tidak membaca berita-berita yang beredar.

“Kalau aku sengaja memang nggak mau baca-baca (berita).”

“Kalau aku gini yang namanya orang lagi difitnah. Kalau orang percaya sama fitnah itu, fitnah itu berbalik sama mereka sendiri.”

“Biarin Allah saja yang atur, yang namanya hidup ada pro dan kontra, ada yang akan setuju sama statement kita ada juga yang tetap benci.”

“Mereka percaya fitnahnya, itu mereka yang dosa dan fitnah itu akan berbalik ke keluarga mereka.”

“Kita nggak pernah kepikiran untuk klarifikasi. Kita sebagai anak tahu, insyaallah Papa nggak akan kekurangan uang dari anaknya,” tegas Shireen.

Latest Posts

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.