Selasa, April 16, 2024

Latest Posts

Antisipasi Bencana Alam, Polda Sumut Siapkan Tiga Kompi Pasukan

Medan – Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Hadi Wahyudi, mengatakan pihaknya menyiapkan tiga kompi personel gabungan yang disiapkan di wilayah rawan bencana. Adapun tiga kompi yang disiapkan untuk antisipasi bencana alam terdiri dari personel sabhara, polantas, polairud, dan kriminal umum.

“Biro Ops dan jajaran sudah menyiapkan tiga kompi gabungan untuk antisipasi jika terjadi bencana alam. Kompi ini siap digerakkan ke daerah yang rawan terjadi bencana. Satu kompi itu 60 orang,” jelas Kabid Humas Polda Sumut.

Personel yang ada di jajaran Polres di Sumut juga telah menyiapkan dua pertiga kekuatannya untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana longsor. Pasalnya, sejumlah wilayah di Sumut saat ini telah memasuki musim dengan intensitas curah hujan yang tinggi.

Tiga kompi itu terdiri dari Krimum, Sabhara, Lalu Lintas dan Polair. Termasuk dengan perlengkapan dan peralatan yang tersedia. Selain di Polda, Polres jajaran juga menyiapkan sepertiga atau dua pertiga kekuatan mana kala di daerahnya terjadi bencana longsor, banjir dan lainnya. Hal tersebut merupakan langkah responsif jika terjadi bencana.

“Kompi ini siap digerakkan ke daerah yang terjadi bencana atau antisipasi rawan bencana. Satu kompi itu 60 orang. Tentunya tidak hanya Polri, tetapi juga ada TNI. Imbauannya, masyarakat lebih berhati-hati. Sudah ada kejadian di KM30 di Karo,  ini keprihatinan kita semua,” jelasnya.

Diketahui, hari ini (Selasa, 2 November 2021) banjir terjadi di sejumlah titik di Patumbak, dan Tanjung Morawa, Deli Serdang dengan debit air bervariasi. Begitu juga di pintu keluar tol Amplas. Saat ini sejumlah titik banjir sudah mulai surut. Warga juga sudah mulai membersihkan sisa banjir.

Sumber : Tribratanews.polri.go.id

Latest Posts

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.